TERBARU

 Akhirnya BB, Tetap Dilantik Jadi Ketua PWI Sumatera Barat 

Padang, reksanews.com – Kendati ada perdebatan di kalangan internal PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), malah  Ketua DK (Dewan Kehormatan) PWI Pusat, Ilham Bintang telah rekomendasi agar ketua PWI Sumatera Barat terpilih, batal dilantik, karena terkait statusnya sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Namun,. Ketua PWI Pusat, Atal S Dapari menyatakan, menolak rekomendasi DK PWI, selanjutnya berkenan melantik Basril Basyar yang akrab disapa BB itu  tentang pemberhentian Basril Basyar sebagai Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, masa bakti 2022 - 2027 ke depan.

“Kita secara konsekuwan dan tata kelembagaan, menolak rekomendasi yang dikeluarkan Ketua DK PWI Pusat, lham Bintang. Selanjutnya setuju dan dilantik menjadi Ketua PWI Sumatera Barat, pada periode lima tahun ke depan", kata Ketua Umum PWI Pusat itu di Padang, Kamis ini.

Atal menyebutkan, pihaknya tetap akan menjalankan keputusan rapat pengurus lengkap PWI Pusat, tanggal 6 Januari 2023. Sekaligus menyatakan, masalah yang terjadi selama ini dinyatakan selesai. Pihaknya berharap dan sejalan dengan acara pelantikan ini, hendaknya dapat membangun soliditas wartawan, khususnya di Sumatera Barat,” katanya.

Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat, Fahri Muhammad, mengakui,  semua proses sekaitan Konferensi Provinsi PWI dan hasil pemilihan yang dilakukan seluruh anggota biasa PWI dari 19 kabupaten dan kota se Sumatera Barat pada Juli 2022 laku sudah selesai. Secara lembaga hasil pemilihan calon ketua PWI Sumatera Barat, juga  sudah ada dan telah diputuskan, melalui rapat pengurus lengkap PWI Pusat.

Pelantikan Pengurus PWI Sumatera Barat ini, jelas penasehat PWI Pusat itu, pelantikan BB sebagai ketua PWI Sumatera Barat dilaksanakan hari Jumat, 13 Januari 2023 besok. Pelantikan itu dilaksanakan di Truntum Hotel, Padang.

Pengurus PWI Sumatera Barat baru yang dilantik Ketua Umum PWI, Atal S. Dapari, dihadiri Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat Fahri Muhammad, Zulkifli Gani Oto (Ketua Bidang Organisasi), Oktafriadi (Ketua Bid Pembelaan Wartawan PWI Pusat).

Pemilihan DK PWI Sumatera Barat diikuti, empat calon. Pada kesempatan itu, suara yang diraihZul Effendi mengalahkan perolehan suara H.Khudri, Gusfen Khairul, dan Zulnadi.  (gmz)

No comments