TERBARU

 Hadiri Pujawali di Pura Khayangan Jagat Kerthi Bhuwana, Walikota Bandar Lampung Beri Bantuan 100 Juta dan Perbaikan Jalan

 Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana menghadiri acara Pujawali Pura Khayangan Jagat Kerthi Bhuwana dan Perayaan Hari Raya Kuningan, di Pura Khayangan Jagat Kerthi Bhuwana, Way Lunik, Panjang, Bandarlampung, Sabtu (14/1/2023).

Piodalan atau pujawali merupakan perayaan hari jadi tempat suci. Spirit dari perayaan ini adalah sebuah sarana dalam meningkatkan Sradha dan Bhakti Umat Kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) Sebagai Sang Pencipta.

Hari Raya Kuningan adalah janji untuk melaksanakan swadharma (kewajiban) sebagai bagian dari masyarakat untuk melaksanakan ajaran Guru Wisesa dengan cara menjadi warga negara yang baik dan ikut mendukung program-program Pemerintah.

Di kesempatan itu, Walikota Eva Dwiana menyampaikan, semoga di hari Pujawali selalu mengingatkan akan hakikat kebenaran dalam kehidupan.

Di hari suci ini, Walikota berharap Umat Hindu mampu memperkokoh, keberagaman, gotong royong dan toleransi antar umat beragama.

Di kesempatan itu Walikota juga akan memberikan bantuan uang Rp 100 juta dan bantuan perbaikan jalan sekitar Pura Way Lunik.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Lampung, I Nyoman Setiawan SE, MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada Walikota Bandarlampung  yang telah hadir dalam acara tersebut.

Selain juga disampaikan rasa terimakasih atas bantuan yang akan di berikan Walikota Bandarlampung.

“Terimakasih kepada ibu Walikota, atas perhatian dan bantuannya, kami tidak menyangka sama sekali mendapat bantuan, mudah mudahan bantuan ini akan di manfaatkan semaksimal mungkin,” 

Dijelaskan I Nyoman Setiawan, filosofi hari raya kuningan adalah bagaimana mengalahkan padarma dalam diri.

“Dalam tradisi Hindu, setiap diri manusia ada enam musuh yaitu nafsu, kerakusan, kemarahan, kebingungan, mabuk, dan sifat iri dengki. Dan diharapkan umat hindu di Provinsi Lampung agar mampu mengendalikan 6 hal tersebut,” terangnya.

Ia  juga berpesan agar seluruh umat hindu dapat meningkatkan kepekaan sosial dan kerukunan terhadap lingkungan, sehingga dimanapun umat Hindu berada, dapat hidup dengan damai.(HZ).

No comments