Breaking News

Cara Memposting Artikel


Situs ini berbasis atau memakai platform Blogspot/Blogger. Sehingga, setiap penulis/kontributor/pengelola mau tak mau harus memiliki akun gmail.com. Akun inilah yang kemudian menjadi basis untuk bisa masuk ke “ruang penerbitan” (dashboard) di mana ia bisa memposting sendiri artikel yang ditulisnya, setelah melalui akun blogspot/blogger.

Berikut adalah panduan lengkap cara melakukan posting di reksanews.com:

1. Untuk menghemat pulsa, tulis artikel Anda di word atau notes secara offline. Lakukan prosedur penulisan artikel (membaca dan memeriksanya berulang-ulang, sedikitnya tiga kali -- seperti minum obat).
2. Siapkan foto, ilustrasi, infografis, dan hal lainnya yang diperlukan untuk melengkapi tulisan Anda.
3.Dengan menggunakan akun gmail, Anda masuk ke www.blogspot.com atau www.blogger.com. Anda akan langsung masuk ke dashboar blogger.
4. Lihat bagian kiri pojok atas dashboard, klik reksanews.
5. Sebagai “Author” Anda akan melihat fasilitas “Post”, “Setting”, “Reading List”, dan “Help”.

Penampakan dashboard blogger seorang Author. [screenshoot/mardilukitoreksanews]


6. Untuk memposting, klik tombol “New Post” yang ada di atas daftar post.
7. Copy paste tulisan Anda ke kotak artikel.
8. Sellect all tulisan yang sudah di-paste.
9. Copy paste judul artikel pada kolom “Post Title”.

Posisi kotak tulisan dan kolom judul. [screenshoot/mardilukitoreksanews]

10. Klik “Justify” pada pilihan format bentuk paragrap/tulisan.
11. Klik tombol “Font” untuk memastikan jenis huruf yang dipakai merupakan font default. Jangan sekali-kali mengubahnya.
12. Klik ukuran huruf yang ada di sebelah tombol “Font” tadi. Klik normal. Tombol ukuran huruf merupakan gambar dua huruf T dengan tanda panah di sampingnya.

Tombol pengatur bentuk paragrap, pengatur font, dan pengunggah gambar. [screenshoot/mardilukitoreksanews]

13. Unggah foto atau gambar (dalam format jpg atau png) dengan mengklik tombol berupa gambar/ foto. (Lihat foto di atas)

14. Setelah terpasang, klik foto. Akan muncul pilihan menentukan ukuran dan penambahan caption foto.

15. Klik “X-Large” agar foto menjadi selebar halaman boks tulisan.
16. Klik “Add Caption” untuk menambahkan caption atau keterangan foto.

Keadaan foto setelah diklik. Tersedia pilihan untuk mengatur ukuran foto, posisi foto, juga penambahan caption dan credit foto. [screenshoot/mardilukitoreksanews]

17. Perhatikan penulisan dan penyertaan kredit foto sebagai pengakuan dan penghargaan kita kepada pemilik atau pencipta foto/gambar tersebut, juga tempat kita mendapatkan foto tersebut.
18. Bila foto kita ambil dari media lain, tapi foto/gambar itu bukan milik media bersangkutan, bubuhkan kata “via”. Misalnya sebuah foto milik Jim Lim dari Reuters, tapi kita dapatkan dari kompas dot com, maka penulisan kreditnya: [Jim Young-reuters via kompasdotcom]. Perhatikan bentuk tanda kurung yang dipakai. Bukan tanda kurung biasa, melainkan tanda kurung kotak (yang nama persisnya saya lagi lupa).

Cara penulisan caption atau keterangan foto, juga credit foto atau pemilik serta sumber foto. [screenshoot/mardilukitoreksanews]


19. Setelah caption dan credit foto ditulis, select all semua itu. Kemudian klik tanda bold (huruf tebal) dan tanda huruf miring (italic). Jangan sekali-kali mengubah default font/jenis dan ukuran huruf, agar situs ini memiliki standar yang jelas.
20. Periksa lagi seluruh langkah dan kelengkapan di atas untuk memastikan bahwa tulisan kita sudah lengkap dan rapi – sesuai dengan standar desain situs. Termasuk by line si penulis atau nama media yang menjadi sumber artikel kita. Penyebutan media dilakukan dengan huruf kecil, kecuali singkatan pendek yang jumlah hurufnya hanya sampai 4 (empat) huruf, dan tidak memasukkan ekstensinya. Kompas dot com misalnya, cukup ditulis (kompas). Dalam tanda kurung, yang sekaligus menandai akhir tulisan/artikel.

Cara penulisan sumber tulisan atau artikel, bila tak disebutkan dalam tulisan. [screenshoot/mardilukitoreksanews]


21. Setelah semuanya rapi dan lengkap, lihat bagian kanan atas dashboard. Klik “Labels”. Tuliskan label atau nama-nama rubrik dan kompartemen yang akan mewadahi artikel kita. Misalnya: Film, PERSONA. Atau, PEMILU. Bisa juga sebuah artikel berada di dua rubrik atau dua kompartemen. Misalnya, Film, KULTURA, Nasional, NEWS.
22. Anda juga bisa mencantumkan label sebagai tanda item atau subyek artikel. Misalnya, “jagung” untuk artikel mengenai impor jagung – selain “Bisnis” dan “NEWS” yang memang menjadi rubrik dan kompartemennya.
23. Perhatikan: Nama kompartemen senantiasa  ditulis dengan huruf besar. Berbeda dengan rubrik yang ditulis dengan cara kombinasi normal (dimulai dengan huruf besar). Sementara, tag atau item tadi seluruhnya ditulis dengan huruf kecil.

Posisi kotak Labels (dilingkari lingkaran biru) dan cara menuliskan label atau rubrik dan kompartemen. [screenshoot/mamangantra]

24. Bila pemberian label atau pemilihan rubrik selesai, Anda tinggal klik tombol “Done” yang ada di bagian bawah kotak tadi.
25. Menjadwalkan tayangan artikel: Bila Anda meniatkan artikel tersebut agar terbit di kemudian hari atau tidak pada saat Anda memasukkannya, Anda bisa mengklik tombol “Schedule” yang berada di bawah tombol “Labels”. Kemudian akan muncul dua pilihan: “Automatic” dan “Set Date and Time”. Klik “Set Date and Time”. Sebuah kalender, lengkap dengan bulan, tanggal, tahun, dan jam.
26. Pilih tanggal, bulan, tahun, dan jam yang Anda inginkan.
27. Setelah beres mengatur waktu tayang, Anda tinggal mengklik tombol “Done”.

Posisi kalender untuk mengatur jadwal penayangan atau pemostingan. {screenshoot/mardilukitoreksanews]

28. Sebelum diposting, lihat dulu postingan Anda dengan mengklik tombol "Preview" di pojok kanan atas. Lihat dan baca artikel yang Anda posting itu dengan teliti. Kalau-kalau ada yang kurang atau malah salah sama sekali.
29. Bila semuanya dianggap beres, termasuk soal penjadwalan tadi, Anda klik tombol “Publish”. Maka, artikel Anda sudah bisa dilihat di website. Sementara, artikel yang dijadwalkan pun akan dengan sendirinya muncul manakala waktunya tiba.
29. Lihat dan baca kembali artikel yang Anda posting di website. Pastikan sekali lagi tak ada yang salah atau kurang.
30. Bila ternyata masih ada kekurangan dan kesalahan, Anda bisa kembali ke dashboard. Kemudian mengeditnya atau malah menghapusnya – dengan menekan tombol “Edit” dan “Delete” yang ada di sana. Mudah-mudahan dua hal ini, terlebih yang terakhir, tak pernah terjadi. Itu cerminan profesionalisme dan kecermatan kerja Anda.
31. Dan langkah terakhir adalah membagikan artikel tadi ke akun medsos Anda, termasuk ke grup atau halaman yang Anda miliki atau ikuti. Bahkan kepada akun sumber berita, mertua, atau malah kepada musuh Anda. Intinya sebarkan tulisan Anda sebanyak dan sesering mungkin, sehingga memiliki kemungkinan lebih besar untuk dibaca oleh lebih banyak orang.


Selamat menulis dan menayangkan artikel!

No comments