TERBARU

9 Juta Warga Percaya Jokowi PKI

Presiden Joko Widodo menyesalkan masih banyak masyarakat yang percaya isu hoaks mengenai dirinya di media sosial. Salah satu isu hoaks yang sering muncul yakni bahwa Presiden Jokowi adalah kader Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Menurut Jokowi, tidak sedikit masyarakat yang mempercayai isu tersebut. "Banyak yang percaya. Ada survei kita enam persen itu percaya lho. Enam persen itu 9 juta lebih, percaya," kata Jokowi saat menghadiri pembukaan Kongres ke-20 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Oktober, 2018).

Jokowi tak menyebutkan survei apa yang dimaksud. Hanya, dia menegaskan, PKI dibubarkan pada tahun 1965. Sementara ia lahir pada tahun 1961. Artinya, pada saat PKI dibubarkan oleh pemerintah, Jokowi baru berumur 4 tahun. "Kok bisa jadi aktivis PKI itu darimana, enggak ada aktivis PKI balita itu, enggak ada. Tapi di dalam media sosial banyak sekali gambar-gambar seperti ini," kata Jokowi.

Jokowi menunjukkan gambar saat Ketua PKI DN Aidit berpidato di suatu panggung. Di dalam foto yang sudah diedit itu, Jokowi berada di dekat DN Aidit. "Saya cek ini pidato tahun berapa sih? Tahun 55. Saya lahir saja belum, kok sudah ada di dekatnya ini," kata Jokowi. "Ini yang namanya media sosial ini nakal-nakal," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (kompas)

No comments