Breaking News

Instagram dan Kesehatan Mental


[youtube/LE PLUS GROS DANGER D'INSTAGRAM!]

Aplikasi media sosial Instagram saat ini menjadi primadona di seluruh dunia dengan memiliki satu juta pengguna aktif pada tahun 2018 ini. Instagram memungkinkan penggunanya untuk membagikan unggahan apapun, mulai dari selfie hingga foto makanan.

Namun tahukah kamu bahwa unggahan di Instagram dapat menunjukkan kesehatan mentalmu? Dilansir Grid.ID dari Independent.co.uk, penelitian ahli psikologi dari Universitas Harvard bekerja sama dengan Universitas Vermont di Amerika Serikat menunjukkan adanya hubungan antara kondisi mental seseorang dengan jenis unggahannya di Instagram.

Dengan melihat apa yang diunggah di Instagram, ilmuwan tersebut dapat mengetahui apakah si pemilik akun sedang mengalami depresi ataukah gangguan kecemasan.

Penasaran, simak penjelasannya berikut.

1. Foto Bareng Pacar
Dengan melihat apa yang diunggah di Instagram, ilmuwan tersebut dapat mengetahui apakah si pemilik akun sedang mengalami depresi ataukah gangguan kecemasan.
Penasaran, simak penjelasannya berikut.

1. Foto Bareng Pacar
Hati-hati buat kamu yang sering mengunggah foto bersama dengan pacar.
Apalagi jika kamu membubuhkan tagar seperti #mybae, #love, dsb.
Itu tandanya kamu sedang insecure dengan hubungan kalian saat ini.
Jika masalah antara kamu dan pasangan tidak segera diselesaikan, bukan tidak mungkin kekhawatiranmu dapat berujung pada gangguan kecemasan.

2. Selfie Setelah Berolahraga
Kamu yang gemar berolahraga pasti pernah berfoto selfie sambil menunjukkan badanmu yang bugar serta tak lupa kamu memberikan tagar #gymselfie di kolom caption.
Namun sebaiknya kamu jangan terlalu sering melakukannya.
Studi menunjukkan seseorang yang hobi mengunggah selfie setelah berolahraga cenderung memiliki gangguan kepribadian narsistik.

3. Filter Gelap
Tentu kamu pernah melihat feed Instagram miliki selebritis maupun selebgram yang didominasi wana gelap atau bahkan berwarna hitam putih.
Berdasarkan penelitian ahli psikologi dari Universitas Harvard dan Universitas Vermont, diketahui tak hanya unggahan Instagram yang dapat menunjukkan kondisi mental seseorang tetapi juga jenis filter yang ia gunakan.
Ternyata ada bahaya yang mengancam di balik unggahan foto yang menggunakan filter gelap.
Ini menandakan bahwa si pemilik akun sedang menderita depresi. Sebaiknya kamu memilih jenis filter yang bernuansa warna hangat seperti Valencia agar mood-mu menjadi lebih baik.

4. Terlalu Sering Mengunggah
Tak hanya filter gelap, ternyata terlalu sering mengunggah foto di Instagram juga menandakan kamu sedang mengalami depresi.
Hasil penelitian Universitas Harvard dan Universitas Vermont menunjukkan penderita depresi cenderung lebih sering mengunggah foto di Instagram ketimbang orang normal. Karena mereka merasa tidak bahagia dengan kehidupannya di dunia nyata sehingga mengalihkan ke dunia maya. Kamu disarankan untuk mengunggah tak lebih dari 7 foto dalam seminggu agar kehidupanmu dapat berjalan seimbang.(grid)

No comments