Breaking News

7 Keajaiban Kota Depok



Depok memang kota ajaib. Sebagai penyangga sekaligus berimpitan dengan Jakarta, kawasan tak hanya menyajikan kemodernan. Tapi, juga watak tradisionalnya. Pun dalam hal kuliner. Selain makanan kekinian yang "modern", Depok juga memiliki sajian kuliner dengan warna kuliner yang kental dan ajaib.
Berikut tujuh keajaiban tradisi yang dimiliki Kota Depok:

1. Nasi Bebek Bumbu Wiko

qraved.com
Add caption
Sekilas, makanan warung bebek yang ada di Jalan Kelapa Dua Raya ini memang mirip bebek goreng pada umumnya. Tapi yang bikin beda adalah sambal cairnya yang merangkap jadi bumbunya sekaligus. Rasanya unik. Selain itu, dagingnya empuk dan gurih banget dengan kulit krispi yang masih berlemak. Seporsinya cuma Rp17 ribu. Mantap!

2. Warung Nasi Timbel Si Teteh

tempatwisatakeluarga.com
Nasi khas Sunda yang dikukus di dalam daun pisang ini juga bisa kamu nikmati di Depok. Salah satu yang paling tersohor ada di Warung Nasi Timbel Si Teteh di Jalan Tole Iskandar 48, Sukmajaya. 
Satu porsinya cuma dibanderol Rp18 ribu, dengan lauk ayam kampung goreng, tempe, tahu, ikan asin, lalapan, serta sambal terasi. Biar makin segar, jangan lupa pesan sayur asem sekalian ya!

3. Pecel Pincuk Bu Ida

siochoy.com
Tak hanya masakan Sunda. Kalau kangen masakan Jawa Timur, salah satu tempat terbaik yang bisa jadi obat rindu adalah Pecel Pincuk Bu Ida. Seperti namanya, pecel disajikan dengan pincuk daun pisang, lengkap dengan peyek dan berbagai macam lauk. Gak cuma pecel, berbagai kuliner khas Jatim, seperti rawon, rujak cingur, lodeh, dan urap, juga bebas kamu pesan di sini.

4. Sop Durian Margando

Instagram.com/slimybelly
Bukan typo ya, namanya benar Sop Durian Margando, meski tempatnya memang di kawasan Margonda. Tempatnya tak seberapa luas, tapi pengunjung di kedai sop durian ini gak pernah surut. 
Gimana enggak, orang-orang pasti terkesan: Dengan harga Rp14 ribu saja, legit buah durian segar dengan berbagai topping sudah bisa dinikmati. Kita juga bisa beli langsung buah durian atau pancake durian di gerainya dengan harga beragam.

5. Ketan bakar

Instagram.com/pramadiagung
Kalau sekadar ingin ngemil-ngemil manja, Pasar Depok Jaya sering jadi jugjugan mereka yang doyan berburu jajan tradisional. Satu makanan yang wajib dicoba saat main ke sini adalah ketan bakarnya yang punel. Jangan lupa dicocol bumbu oncom, serundeng, atau gula pasir. 
Gak suka ketan? Tenang saja. Jajanan lainnya juga dijajakan di sekitar pasar. Mulai dari pukis, susu kedelai, sampai aneka gorengan.

6. Kue Pancong Mang Kumis

Instagram.com/moinblog

Dibanding kue pancong yang pada umumnya ditaburi gula dan parutan kelapa, adonan di sini lebih mirip kue cubit setengah matang. Meski begitu, kue pancong legendaris di Depok ini punya rasa creamy dan tekstur empuk yang meleleh di lidah.
Mirip burjo, Warung Pancong Mang Kumis di ujung Jalan Arif Rahman Hakim ini menjual mie rebus dan sari kacang hijau sebagai minuman utamanya. Kamu bisa datang kapan pun, karena buka 24 jam. Mantap gak, tuh?

7. Olahan Belimbing

bukalapak.com
Terkenal dengan agrowisata belimbingnya, tak heran kalau Depok memiliki banyak olahan makanan berbahan buah dengan bentuk bintang ini. Salah satu yang paling banyak dicari sebagai oleh-oleh adalah dodol belimbing. Beda dengan dodol Garut, tekstur dodol ini lebih kasar dengan rasa asam manis yang legit. 
Belimbing di sana juga diolah jadi berbagai kudapan manis yang menyenangkan, mulai dari isian kue nastar, selai, keripik, hingga cake.
Nah, mana yang jadi favorit Anda?


idmes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/7-wisata-kuliner-murah-di-depok-makan-enak-di-akhir-bulan/full

No comments