Breaking News

Anugrah

Anugrah alam/ilustrasi. [via hipwee]
M A K N A
Kalimat anugerah selalu dikaitkan dengan kalimat alhamdulillaah, maka selayaknya manusia selalu untuk memuji Allah SWT di berbagai situasi dan kondisi.

B A Y A N
Anugerah Alloh itu ada empat, yaitu; Anugerah Al Qur'an (Qs Al Kahfi/18:1 ), anugerah alam semesta, anugerah ilmu dan kekayaan, serta anugerah anak dan keturunan.

N A T I J A H
Anugerah dalam al hamdulillah adalah untuk suatu pujian yg merupakan hasil usahanya sendiri, meskipun tanpa didahului oleh pemberian. Ada dua makna tentang alhamdulillah, yaitu: Mengukuhkan alhamdu hanya untuk Allah, dan perintah kepada manusia untuk selalu memuji (tahmid ) Allah SWT.

K H A T I M A H

Pujian itu ada dua macam: Al madhu, pujian untuk yang bukan hasil usahanya sendiri, misalnya memuji seseorang yang dinilai tampan dan cantik. Karena tampan dan cantik bukan hasil usahanya sendiri melainkan anugerah dari Allah SWT. Ke dua, as syukru -- pujian yang didahului oleh pemberian kebaikan. Misalnya seseorang memberi kebaikan kepada dirinya, memuji atas kebaikan yang telah diberikan pemuji dari yang dipuji, dengan mengucapkan alhamdulillah. Allah memang terpuji dgn sendirinya, meskipun ia tidak sedang memberi anugerah kepada yang memujinya.

MARI KITA BERDO'A Allaahumma inni as'aluka min fadllika Ya Alloh limpahkan kepada kami tentang anugerah-anugerahMu

Aamiin...

No comments