Breaking News

Promosikan Produk Koperasi dan UKM

Stand Bank Bengkulu di Bengkulu Expo 2016, November 2016. [gerbangbengkulu]
Pemerintah Daerah (Pemda) harus aktif mempopulerkan produk koperasi dan UKM unggulan di wilayahnya dalam berbagai pameran baik di dalam maupun di luar negeri.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring mengatakan, peran pemda sangat signifikan untuk perkembangan usaha dan perluasan pasar produk koperasi dan UKM.

"Kalau koperasi dan UKM bisa berkembang dengan baik maka akan mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat di daerah. Kalau pertumbuhan ekonomi bisa diimbangi dengan koperasi dan UKM maka saya yakin tingkat kesenjangan bisa dipersempit," ujar Meliadi, Selasa, 20 November 2018.

Sementara kegiatan pameran, menurut dia, sangat potensial untuk meningkatkan transaksi dan aktivitas perdagangan.

Ia mencontohkan pameran Bengkulu Expo ke-9 dan Pasar Rakyat, dalam rangka peringatan HUT ke-50 Provinsi Bengkulu di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, belum lama ini juga bisa menjadi ajang untuk mengangkat popularitas dan wadah promosi produk koperasi dan UKM setempat.

"Ini yang harus kita perkenalkan sehingga bisa terjadi transaksi perekonomian dan transaksi aktivitas perdagangan. Kalau sudah besar bisa tambah pendapatan bagi koperasi dan UKM nantinya," kata Meliadi.

Ia mengatakan koperasi dan UKM memiliki arti penting bagi perekonomian nasional, karena merupakan mayoritas pelaku usaha dengan presentase lebih dari persen dari total pelaku usaha yang ada di Indonesia.

No comments