Breaking News

Genjotan Bisnis Pegadaian

PT Pegadaian tak rikuh menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan, termasuk ormas yang bernaung di bawah partai politik. Hasilnya? Jumlah nasabah dan laba mereka terus menanjak.

Sebuah transaksi di Pegadaian. (ILUSTRASI/tribun)

Berusia lebih dari satu abad, tepatnya 121 tahun, PT Pegadaian terus bergerak. Memiliki 14 ribu karyawan, BUMN itu tak henti menciptakan inovasi. Tak semata demi memacu pencapaian bisnis mereka, tapi juga memacu pencapaian bisnis dan ekonomi masyarakat -- dengan kata lain turut memacu kesejahteraan masyarakat. 

Nyaris bersamaan dengan penghargaan sebagai Indonesia’s Best Companies to Work for In Asia 2022, dari Human Resource Asia Award, di Cirebon dan Bali mereka menggenjot Festival Pasar Senyum Rakyat. Sementara, di Sumatera Selatan dan Lampung, mereka melakukan serangkaian pelatihan bisnis bagi isteri ANS dan masyarakat luas. Salah satunya, Pelatihan Agen Pegadaian yang diselenggarakan PT Pegadaian Wilayah Lampung di Bandar Lampung, Senin, 25 Juli 2022.

Menariknya, dalam kegiatan ini PT Pegadaian Wilayah Lampung  menggandeng DPW Garpu Provinsi Lampung. Sehingga, selain dihadiri Kepala Pemasaran PT Pegadaian Wilayah Lampung, Hendra Pahlevi, dan Ketua DPW Garpu Lampung H.Maulana Rosyid Efendi,SH, kegiatan ini juga diiukuti pengurus, anggota, dan simpatisan ormas yang bernaung dibawah Partai Nasdem tersebut. Dan tempat kegiatan pun bertempat di kantor DPW Nasdem Lampung, Jalan Ahmad Yani, Tanjung Karang Pusat, Bandarlampung.

Para peserta pelatihan Agen PT Pegadaian yang diselenggarakan PT Pegadaian Wilayah Lampung bekerjsama dengan DPW Garpu Lampung. (dok.Sangun Mustika).

Ketika ditemui, Maulana menjelaskan bahwa kerjasama PT.Pegadaian dengan DPW Garpu Lampung ini sudah berjalan satu tahun. "Kita sudah keliling ke beberapa kabupaten, melakukan gathering kepada anggota Garpu untuk menjadi agen pegadaian," kata Maulana.

Menurut Maulana, pihaknya memiliki komitmen yang sama dengan PT Pegadaian. Yakni, mengentaskan kemiskinan yang masih melilit provinsi dengan 15 kabupaten ini. Karenanya, "Ke depan, Garpu selalu bekerjasama kepada PT.Pegadaian untuk mengentaskan kemiskinan di seluruh 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung," kata Maulana.  

"Anggota Garpu yang terbantu lewat kegiatan ini sekitar 3000 orang. Mereka sudah menjadi agen atau sudah merasakan pembiayaan dari PT.Pegadaian" kata Maulana lagi. Padahal, masih menurut Maulana, gathering yang mereka lakukan bersama PT Pegadaian ini baru di 5 kota/kabupaten. Artinya, masih 10 kabupaten lagi yang belum tergarap. "Karena itu, kita akan terus  melakukan roadshow, turun ke bawah, untuk membangkitkan perekonomian masyarakat supaya makmur. Negara tenang, rakyat sejahtera," tandas Maulana.

Sementara itu, Kepala Pemasaran PT.Pegadaian Wilayah Lampung Hendra Pahlevi menjelaskan: "Selama ini kita sudah bekerjasama dengan DPW Garpu Lampung, dengan Partai Nasdem, juga terkait dengan pengembangan usaha UMKM untuk menaikkan kelas dari kawan-kawan UMKM," kata Hendra. "Program kerjasama ini sudah sejak tahun 2021 dan akan berlanjut sepanjang dibutuhkan support dari kawan-kawan dari Nasdem," jelasnya lagi. 

Hendra Pahlevi, Kepala Pemasaran PT Pegadaian Wilayah Lampung. (Sangun Mustika)

Hendra pun menegaskan, bahwa UMKM di Provinsi Lampung banyak yang bisa diakomodir  Garpu dan bisa dikembangkan. "Dan PT Pegadaian sendiri memiliki banyak program yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan UMKM," kata Hendra. 

Hendra juga menjelaskan, kerjasama seperti ini tak hanya dilakukan dengan Parta Nasdem atau ormas lainnya. "Bulan lalu, misalnya, kami juga menjalin kerjasama dengan Apklindo (Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia) Lampung," tandas Hendra. "Sama dengan kerjasama dengan Garpu ini,  Apklindo mendapat kemudahan pembiayaan dari PT Pegadaian, sementara PT Pegadaianpun mendapatkan nasabah baru dari organisasi tersebut,"" tambah Hendra.

Tak rikuh bekerjasama dengan berbagai organisasi dan kalangan, tak heran bila nasabah dan keuntungan PT Pegadaian terus meningkat. Laporan resmi yang dikutip Antara beberapa waktu lalu menyebutkan, selama Semester Pertama 2022 ini PT Pegadaian meraih laba bersih sebesar Rp1, 77 triliun. Dan ini meningkat 36,15 persen dibandingkan capaian Semester Pertama 2021 yang mencapai Rp1,30 triliun.

Jumlah nasabah pun terus melonjak. Kini, unit usaha BUMN itu memiliki 20 juta orang nasabah. Melonjak 11,11 persen dibandingkan Juni 2022 yang berjumlah 18 persen.


Darmin Reksanagara

Laporan : Sangun Mustika (Lampung) dan Ali Hamdani (Jakarta)

No comments