TERBARU

Pungli di Tol Laut KM Maloli?


Reksanews.com, Selayar - Jika tidak ingin dikenakan biaya tambahan, para calon penumpang harus berhati - hati dan tepat waktu dalam membeli tiket di KM Maloli (Armada Tol Laut).

"Sudah aturan di atas kapal ini pak, jika calon penumpang tidak mengambil tiket di tempat penjualan tiket harus membayar dua kali lipat," ucap Rahman salah satu ABK KM Maloli.

Ini bukan pungli, saya sebagai ABK yang bertugas juga takut meminta biaya tambahan kalau tidak ada aturannya, ucap Rahman dengan nada tegas.

Hal ini tentunya menjadi pertanyaan, apa memang betul ada aturan semacam itu yang mengharuskan penumpang membayar dobel, atau hanya aturan sementara yang dibuat oleh orang kapal itu sendiri.

"Kalau memang aturannya itu ada, berarti bukan pungli. Tapi kalau tidak ada berarti itu pungli dong," ucap salah satu pengguna jasa penyebrangan KM Maloli.

Untuk itu, para calon penumpang harus berhati-hati jangan sampai bayar dobel. Harus tepat waktu ambil tiketnya karena yang jual juga biasa cepat sekali, jangan sampai betul ada aturannya untuk bayar dobel kalau terlambat ambil tiket, tambahnya.

Selain itu, penumpang lainnya juga mengeluhkan mahalnya biaya jika ingin membawa kendaraan roda dua yakni Rp. 200.000/Unit dan biaya cas HP sekali cas Rp. 5000/Hp. (*).

No comments