TERBARU

Pelatihan Bagi Para Pemula


Suasana pembukaan bimbingan teknis UMKM Provinsi Aceh di Aula Hotel MK Lhoksukon, 31 Oktober 2022. [istimewa]
UMKM bermunculan, tapi hanya sedikit yang memiliki kemampuan teknis. Demikian disampaikan Kasi Promosi dan Pemasaran UPTD PLUT Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Aceh, Muhammad Ridwan, S.STP., MM, kala membuka Bimbingan Teknis UMKM yang diselenggarakan pihaknya di Aula Hotel MK Lhoksukon, Aceh Utara, Senin, 31 Oktober 2022.

Ridwan menyampaikan, dengan bimbingan teknis tentunya akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas, kuantitas, keuntungan dan efektivitas usahanya. "Tantangan terbesar yang dihadapi UMKM dalam era saat ini ialah kemampuan teknis dan teknologi. Saat ini memang banyak UMKM yang lahir, akan tetapi belum banyak yang dibekali kemampuan secara teknis," katanya.

Karenanya, kata Ridwan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh melalui Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil terus memberikan bimbingan teknis dan mendampingi para pelaku UMKM sehingga produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasar global.

Menururt Ridwan, era industri saat ini menuntut pelaku UMKM harus memahami, menguasai dan memiliki kemampuan teknis. Penguasaan ini menjadi penting agar usahanya bisa semakin berkembang dan maju. "Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta untuk mendapatkan tambahan bekal dan pengetahuan dan keterampilan bagi saudara-saudari sekalian," kata Ridwan.

Diikuti 23 pelaku usaha pemula dari Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, bimbingan teknis dengan tema "Fasilitasi Pendirian Usaha Bagi Wirausaha Pemula" itu berlangsung selama empat hari -- 31 Oktober hingga 3 November 2022.


Marhabun (Lhoksukon)

No comments