TERBARU

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Polres Selayar Gelar Pelatihan SAR Kepada Anggota

 

Reksanews.com, Kepulauan Selayar- Polres Kepulauan Selayar sebagai penanggung jawab Kamtibmas di Bumi Tanadoang dengan karakteristik Wilayah yang terdiri dari 132 Pulau, terus meningkatkan kemampuan Personilnya dalam memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat. 

Salah satunya dengan melakukan Pelatihan Peningkatan Kemampuan dalam bidang Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue /SAR) yang dilaksanakan hari ini di Aula Mapolres, Selasa 22/11/2022.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH.S.IK. MM.M.IK menjelaskan bahwa dipilihnya bidang pelatihan SAR ini sesuai dengan kondisi di Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Dalam beberapa tahun terakhir ada sejumlah peristiwa di Selayar termasuk Gempa Bumi, Kapal Tenggelam, Orang hanyut, Penemuan mayat, banjir dan kejadian lain yang harus kita sikapi dengan bijak, yaitu dengan meningkatkan kesiapan terhadap kemungkinan terjadinya kejadian yang sama di masa mendatang" kata Kapolres.

AKBP Ujang Darmawan HS juga mengatakan bahwa kemampuan tanggap darurat dan kesiapsiagaan semua pihak sangat penting dalam situasi-situasi tersebut.

" Kesiapsiagaan dan kecepatan kita dalam setiap upaya penanggulangan akan meminimalisir korban, baik korban jiwa maupun materil" ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menghimbau agar Warga Kepulauan Selayar sama-sama berusaha untuk bersama menjaga lingkungan, menjaga kebersihan dan tidak lupa berdoa agar Kabupaten Kepulauan Selayar terhindar dari segala musibah.

" Kuta tentu berharap dan berdoa agar kita dihindarkan dari segala musibah, namun jika itu harus terjadi kita harus siap memberikan Pelayanan dan perlindungan kepada Masyarakat" tutupnya.

Sementara itu Kabag SDM Polres Kepulauan Selayar Kompol Nur Alam mengungkapkan, bahwa Pelatihan dilakukan dengan menghadirkan pemateri yaitu Personel Polres yang telah mengikuti Pelatihan SAR di Polda Sulsel.

" Kita tentu terbatas untuk mengirim semua Anggota ikut Pelatihan SAR di Makassar, olehnya itu Anggota yag sudah ikut Pelatihan kita minta untuk membagi ilmu dan keterampilan yang telah diperolehnya kepada Personel lainnya" kata Kompol Nur Alam.

Dalam pelatihan ini Bripda Nur Taufik, Anggota Tim SAR Polri yang telah mengikuti Pelatihan memberikan teori tentang standar prosedur SAR. Pada kesempatan yang sama juga mempraktekkan teknis pertolongan dan pencarian bilamana terjadi bencana alam atau kejadian lainnya kepada para Peserta yang terdiri dari Perwakilan Polres dan Polsek Jajaran. (Rilis Humas Polres)

No comments