TERBARU

Pesta Rakyat yang Patut Dicontoh

LBP dan isteri melakukan siraman kepada calon mempelai putra, Kaesang Pangarep. [instagram]

"Karena padatnya agenda dan tugas selama di Yogyakarta-Solo selama tiga hari, saya baru bisa menceritakan pengalaman bagaimana acara pernikahan bisa menjadi sebuah Pesta Rakyat." Demikian Menko Marinvest Luhut B.Panjaitan memulai deskripsi postingannya di akun instagramnya. 

Menurut pengamatan lelaki yang kerap disebut LBP itu,  setiap kali momen pernikahan putra-putri Presiden Joko Widodo, selalu menampilkan budaya dan tradisi yang selama ini sering dilupakan karena tergerus oleh tempaan zaman. "Ini adalah hal yang bagus karena sebagai anak muda, mereka menjadi contoh bagi anak-anak muda lain di Indonesia bahwa setinggi apapun pendidikan maupun status sosialmu, jangan pernah lupa pada budaya dan tradisi bangsamu sendiri," tandas Luhut.

"Saya menyebutnya Pesta Rakyat karena acara pernikahan putra bungsu Presiden @jokowi ini bukan hanya menjamu para tamu undangan saja, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia bisa melihat dan menikmati bagaimana budaya Indonesia dijunjung tinggi dalam acara tersebut," kata Luhut.

Selain itu, kata LBP selanjutnya, pernikahan keduanya tidak hanya membawa kebahagiaan bagi keluarga kedua mempelai, tetapi juga membawa kebahagiaan bagi seluruh warga Yogyakarta-Solo. "Dari mulai pemilik PO Bus lokal, pemilik UMKM seperti pedagang makanan, jasa laundry, parkir, sampai pengerajin lokal yang membuat souvenir pernikahan kedua mempelai, ikut merasakan kebahagiaan karena dagangan dan jasa mereka habis terbeli oleh para tamu dan panitia penyelenggara acara. Ini adalah bukti bahwa perekonomian Indonesia terus bergerak," kata dia.

"Karena itu, saya beserta istri merasa bangga karena ikut diundang dalam momen-momen penting keluarga dari mulai acara siraman sampai ngunduh mantu yang berlangsung sangat hangat dan sakral," kata dia lagi.

Selain hadir sebagai tamu undangan, LBP juga turut mendampingi Presiden untuk menyambut tamu undangan dari negara sahabat, UAE yaitu Putera Mahkota Pangeran Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang kali ini ditemani Menteri Energi UAE Suhail Al Mazrouei. "Selain khusus datang sebagai tamu undangan pernikahan, juga melihat Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo," kata LBP.

"Selamat berbahagia dan menempuh hidup baru bagi kedua mempelai @kaesangp dan @erinagudono, teladanilah kehidupan rumah tangga kedua orang tua kalian. Semoga Tuhan YME selalu melimpahkan kasih sayang dan berkat dalam cinta yang sudah kalian pertautkan," kata Luhut, menutup deskripsi postingannya.

Ali J.Hamdani (Jakarta)

No comments