TERBARU

Lanjutkan atau Berubah?

Denny JA, Denny JA; Dosen SBM ITB Yudo Anggoro; dan CEO Kuncie, Mario Nicolas, saat membuka kelas "Mini MBA Public Policy and Political Marketing" di Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Banyak dimensi yang perlu dieksplor demi menyambut Panen Raya Demokrasi 2024. Terutama demi menjawab pertanyaan utama: Melanjutkan legacy Jokowi atau melakukan perubahan? 


Tahun 2024 adalah panen raya demokrasi Indonesia. Di tahun itu, selain pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif, juga akan berlangsung pemilihan kepala daerah di 513 kota dan kabupaten.

"Tak pernah terjadi momen seperti ini sejak Indonesia merdeka tahun 1945, 77 tahun lalu. Yaitu panen raya pemilu di tahun 2024. Di tahun itu, tak hanya ada pilpres dan pileg nasional, tapi juga pilkada di tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Total wilayah yang serentak melakukan pemilu sebanyak 38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 kota," ujar Denny JA, pendiri Lingkaran Survei Indonesia, kala membuka kelas 'Mini MBA Public Policy and Political Marketing' di Jakarta, Selasa siang, 24 Januari 2023.

Kelas Mini MBA merupakan kerja sama antara LSI Denny JA dengan SBM-ITB dan Kuncie, anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan ketrampilan praktis, untuk memahami prilaku pemilih. MIni MBA fokus pada bidang public policy dan marketing politik.

Menurut Denny, pemilu 2024 merupakan momen yang tepat untuk menyediakan program bagi para stakeholders untuk memahami prilaku pemilih. "Partai, calon yang bertarung, Tim Sukses, aneka pihak Public Relations, para pendana, media, stakeholders, dari Aceh hingga Papua, mereka perlu tahu bagaimana cara mendengar dan merebut hati rakyat banyak agar memenangkan pemilu dan pilkada," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir dan menjelaskan yaitu Director of Center for Policy and Public Management dari SBM ITB, Yudo Anggoro, Ph.D, serta CEO Kuncie, Mario Nicolas.

Sebelum meluncurkan kelas program Mini MBA, Denny menampilkan data mutakhir survei nasional LSI Denny JA pada bulan Januari 2023. Menurutnya, isu yang banyak menjadi perbincangan menuju pilpres 2024 adalah pertarungan antara melanjutkan legacy Jokowi atau beralih pada isu perubahan.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa yang puas atas kinerja Jokowi dari kalangan pendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden semakin mengungguli para pendukung Prabowo dan Anies Baswedan. Presentasinya mencapai 38.2%. Sementara, pendukung Prabowo: 21.3% dan pendukung Anies Baswedan: 10.6%.

Sebaliknya, mereka yang tidak puas atas kinerja Jokowi didominasi para pendukung Anies Baswedan – 40.1%.  Pendukung Prabowo yang tidak puas dengan kinerja Jokowi hanya 21%. Sedangkan pendukung Ganjar jauh lebih kecil lagi – hanya 7.4%.

Hal yang juga menarik adalah tren dalam tiga survei nasional LSI Denny JA mutakhir -- Januari 2023, September 2022, dan Juni 2022. Ganjar Pranowo semakin menyerap pendukung Jokowi. Di bulan Juni 2022 hanya 27.4% pendukung Jokowi yang mendukung Ganjar. Tapi pendukung Jokowi yang terserap Ganjar berikutnya melonjak menjadi 32% (September 2022). Dan pada survey Januari 2023, menaik lagi menjadi 38.2%.

Sebaliknya, Anies Baswedan semakin menyerap pemilih yang tak puas dengan Jokowi. Di bulan Juni 2022 hanya 29.7% yang tak puas Jokowi mendukung Anies Baswedan. Tapi di bulan September 2022, pemilih yang tak puas Jokowi lari ke Anies Baswedan sebesar 35.6%. Kemudian naik lagi di bulan Januari 2023, sebesar 40.1%.

Lebih lanjut Denny mengatakan, Nasdem akan semakin didesak tegas bersikap oleh banyak kalangan. Calon Partai Koalisi Baru Nasdem, yakni Demokrat dan PKS mendesak Nasdem kibarkan bendera isu perubahan.

Sebaliknya, partai koalisi lama Nasdem, terutama PDIP mendesak Nasdem hengkang dari pemerintahan Jokowi.

Lalu, apa yang akan dilakukan Nasdem? Rupanya, menurut Denny, Nasdem lebih memilih bermain cantik dengan menyerahkan bola ke Jokowi.  “Menteri Nasdem diganti atau tidak dalam reshufle kabinet, besar kemungkinan Nasdem tetap melanjutkan pencalonan Anies Baswedan,” kata Denny.

Intinya: Menghadapi panen raya pemilu 2024, banyak dimensi lain yang perlu dieksplor. Nah, untuk memahami prilaku pemilih di panen raya pemilu 2024 itulah, kata Denny, Mini MBA bidang Public Policy dan Marketing Politik dibuat.

Beni Sukmanto (Jakarta)


No comments