TERBARU

Tuan Rumah HPN 2023 di Pemprov Bali

Jembrana, Kabupaten Jembrana dipastikan menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 Tingkat Provinsi Bali pada 4-5 Mei mendatang. Kepastian tersebut terungkap ketika Pengurus PWI Provinsi Bali melakukan audiensi dengan Bupati Jembrana I Nengah Tamba, di Ruang VIP Kantor Bupati Jembrana, Rabu, 1 Maret 2023.

Agenda yang dirancang Panitia HPN selama dua hari, 4-5 Mei, sebelum acara puncak ada kegiatan literasi media, bakti sosial pembagian paket sembako kepada anak panti asuhan maupun warga kurang mampu, serta  pertandingan persahabatan futsal antara tim wartawan gabungan PWI Bali dan Jembrana, Buleleng dengan Forkopimda maupun  pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana. Sedangkan puncak HPN digelar 5 Mei 2023 dengan mengundang pejabat instansi pemerintah di Pemprov Bali, Pemkab Jembrana, instansi vertikal, BUMN/BUMD, serta tokoh dan organisasi kemasyarakatan di Bali serta  Jembrana.

Dipilihnya kabupaten di ujung Bali Barat menjadi tuan rumah HPN 2023, tidak terlepas dari gaung Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati Tamba, yang tengah viral, dalam memajukan UMKM, mendatangkan investasi. Bahkan gaungnya tidak hanya di daerah, namun hingga ke pusat. Hal ini ditandai sederet pejabat di kementerian pusat, Ketua DPR RI, Kasal, bahkan teranyar Presiden RI Joko Widodo, datang berkunjung di pasar dan sentra tenun Jembrana. "Ini hal yang luar biasa, kita sebagai insan pers secara kelembagaan wajib mendukung langkah nyata Bupati Tamba membawa  Jembrana Emas 2026," ucap Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra.   

Dwikora didampingi Ketua Panitia HPN Arief Wibisono dan pengurus PWI Bali memohon izin sekaligus menyerahkan proposal kegiatan HPN kepada bupati, agar bersedia menjadi tuan rumah HPN tahun ini. "Memang sengaja PWI merancang Bali Barat, sebelumnya kami pernah menggelar HPN di Denpasar, Badung, Klungkung, dan terakhir Buleleng. Giliran tahun 2023 kita selenggarakan di Jembrana. 'Mohon kesediaan Pak Bupati untuk memfasilitasi tempat serta kegiatan tersebut hingga berjalan sukses," kata Dwikora. 

"Ini suatu kebanggaan bagi kami Jembrana dijadikan tuan rumah kegiatan tersebut, tentunya kepercayaan ini adalah hal positif. Hubungan kita selama ini dengan pers sudah sangat bagus. Kita yang masih berbenah, dengan adanya HPN maupun Konpercab PWI di Jembrana, tentunya kita mendapat gaung juga bagi Jembrana. Kita juga butuh pers, melalui pemberitaan, tentunya berita positif dan bukan berarti kami alergi dikritik,” ujar Bupati Tamba. "Intinya siap menjadi tuan rumah, sekaligus membantu penyelenggaraan HPN di Jembrana, sepanjang bisa dan ada sesuai aturan, silakan," pungkasnya. (Yudi Dhex)

No comments