TERBARU

Festival Muara Padang 2023, Digelar

Festival Miaro Fadang 2023 dalam 
rangka lebaran Idul Fitri 2023

Padang,REKSANEWS .

Festival Muaro Padang 2023, dalam rangka liburan Idul Fitri 1444 / 2023, digelar. Iven andalan ibukota Provinsi Sumbar itu berlangsung 24-27 April ini. Patuhi rekayasa lalu lintas yang sudah ditetapkan sebagai agenda rutin pada setiap tahun.

Event Nagari tahun 2023, diawali dari Kenagarian Parambahan Bumi Andalas dengan khas Seabrek Tradisi  Berlebaran, Tiga bentuk Festival Asik Saat Berlebaran di Kawasan Maninjau Festival berlangsung di sepanjang Batang Harau. Ada 80 stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ikut menyemarakkan.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Padang, Syahendri Barkah, jumlah stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diperkirakan akan terus bertambah, mengingat hingga sore dan malam hari, masih banyak pelaku usaha yang mendaftar ke panitia penyelenggara.

"Pelaku usaha, terutama UMKM, sangat antusias untuk meramaikan even ini, karena dapat menjadi ajang promosi bagi produk-produk unggulan mereka. Selain itu, para wisatawan dapat berbelanja berbagai macam produk UMKM yang ada di Kota Padang, mulai dari kuliner, kerajinan hingga aneka produk fashion," katanya.

Nah, agar kendaraan bermotor tidak terjebak salah arus atau terperangkap macet, maka perlu menjadi memperhatikan rekayasa lalulintas yang sudah ditetapkan instansi berwenang, khusus dipersiapkan menghadapi lebaran dan festival ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Yudi Indra Syani mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas, untuk mengurangi risiko kemacetan selama penyelenggaraan Festival Muaro Padang, rekayasanya adalah dengan menutup sejumlah titik jalan, di antaranya ruas jalan Batang Arau dan ruas jalan Klenteng.

"Kendaraan dari Jalan Nipah menuju Jalan Batang Arau dialihkan ke Jalan Pulau Karam dan melewati Jalan Bandar Pulau Karam. "Penutupan kita lakukan pada ruas Jalan Batang Arau dan ruas Jalan Klenteng. Sementara, kendaraan dari Jalan Nipah menuju Jalan Batang Arau satu arah dan penempatan petugas di Simpang Masjid Alhakim," katanya.

Selain mempersiapkan rekayasa lalu lintas saat Festival Muaro Padang, Yudi juga menyampaikan,  pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di titik tempat wisata, yakni Pantai Padang dan Pantai Air Manis. 

"Sistem satu arah di Pantai Padang, dari Alhakim menuju pool NPM. Kalau menuju Pantai Air Manis, di Simpang Empat Air Manis ada simpang yang ditutup, karena pada simpang empat itu terjadi pusat keramaian," terang Yudi, menambahkan. (gmz)(SM).

No comments