TERBARU

Tradisi mandi safar di Desa Tarupa, Babinsa Koramil 1415-02/Pasimasunggu ikut berbaur dengan masyarakat



REKSANEWS, Kepulauan Selayar- Ratusan warga Desa Tarupa baik dari kalangan orang dewasa maupun anak-anak ikut serta meramaikan tradisi "Mandi Safar" di Pantai barat Dusun Tinabo Desa Tarupa Kecamatan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu 13/09/23.

Mandi Safar merupakan tradisi leluhur yang dilaksanakan setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar dengan tujuan tolak bala dan membersihkan diri serta diberikan rezki dan rahmat oleh Allah. SWT. 

Pada kesempatan ini, Babinsa Desa Tarupa Koramil 1415-02/Pasimasunggu Sertu Batjo Raha bersama tokoh agama setempat mengumpulkan masyarakat di mesjid nurul Huda desa tarupa untuk mendengarkan arahan atau panduan dari salah satu tokoh agama dan kemudian bersama-sama turun ke laut. 

“untuk pelaksanaannya dibagi dua kelompok yakni kelompok laki-laki dan kelompok perempuan dimana kelompok laki-laki turun dari arah selatan dan perempuan dari arah utara“ jelas Sertu Batjo. 

Lebih lanjut, Sertu Batjo menjelaskan bahwa kedua kelompok tersebut menunjuk salah satu orang untuk membaca doa yang nantinya orang tersebut akan direndam ke dalam laut diikuti oleh warga lainnya. 

Setelah pelaksanaan mandi safar selesai, semua masyarakat menuju ke Masjid untuk melaksanakan makan bersama.

No comments