Breaking News

Belasan Gajah Liar Masuk ke Kebun Sawit

Kawanan gajah liar di Riau. [via republika]
Belasan gajah liar, dilaporkan masuk ke perkebunan warga di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, Senin, 19 November 2018.
Saat ini, tim dari petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sedang berada dilapangan untuk melakukan upaya penanganan.
Heru Sutmantoro pejabat Kepala Bidang Wilayah II mengatakan, informasi yang didapat, ada sekitar 11 ekor gajah yang terlihat.
”Jumlahnya dikabarkan sebanyak 11 ekor. Hewan besar itu, masuk ke perkebunan warga dan memakan pokok sawit,” kata Heru Sutmantoro.
Pihaknya menduga, gerombolan itu merupakan keluarga gajah yang terlihat di perkebunan sawit warga. Setelah mendapatkan laporan tersebut dan direspon dengan cepat. Kini petugas Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas di Kabupaten Siak, Riau sudah diutus kelokasi.
”Tim sedang bekerja dilapangan. Salah satunya berkoordinasi dengan pemilik kebun,” ungkap Heru.
Pihaknya merencanakan, belasan rombongan gajah itu akan diupayakan digiring ke wilayah Minas atau ke Koto Garo, Kabupaten Kampar.
”Upaya awal melakukan penggiringan sedang dilakukan,” kata Heru.
Cara yang dilakukan yakni dengan membuat bunyi-bunyian keras seperti mercon dan meriam. Nantinya, jika tidak berhasil dilakukan, upaya lainnya adalah menggunakan bantuan gajah jiwaku.
Heru menambahkan, kemunculan satwa berukuran besar itu juga dilaporkan  masuk ke perkebunan kelapa sawit di Sungai Mandau, Kabupaten Siak pada Jum'at, 16 November 2018.
Namun, Heru mengatakan, pihaknya sudah berhasil mengatasi rombongan gajah dan sudah berhasil digiring ke ‘habitatnya’. (riauaktual)

No comments