Breaking News

Mengintip Para Ksatria EICMA 2018

Royal Enfield KX Concept di EICMA 2018 [dailyhunt.com]


Salah satu pameran sepeda motor terbesar di dunia, EICMA atau Milan Motorcycle Show, dimulai Selasa kemarin, 6 November 2018. Sebagaimana berlangsung selama ini, EICMA kali ini pun dipergunakan para pabrikan untuk memperkenalkan ksatria unggulan mereka. BMW Motorrad, Triumph, Yamaha,  Aprilia, dan Royal Enfield, pabrikan yang tak menyia-nyiakan peluang itu.
Dan inilah peluncuran sepeda motor terpanas di EICMA 2018:

Kita mulai dari para ksatria tuan rumah.
Aprilia RSV4-1100 [ultimatemotorcycling.com]
Raksasa superbike asal Italia, Aprilia, langsung menggebrak dengan memamerkan kstaria unggulannya: Aprilia RSV4 1100. Model 2019 ini hadir dengan mesin V4 1074cc yang menghasilkan tenaga sebesar 420 hp dan torsi 122 Nm.  Lubang piston pun membesar dari dari 78mm ke 81mm. Kekuatan ini dikawinkan dengan transmisi enam kecepatan, dengan gigi kelima dan keenam memiliki rasio lebih tinggi. Pembatas rev ditetapkan pada 13.600 rpm.Dari segi penampilan, tampilan RSV4 tidak berubah. Meskipun ada beberapa serat karbon di sana-sini.
Sementara, MV Agusta memamerkan salah satu motor yang terlihat paling agresif di acara ini: Brutale 1000 Serie Oro. Ini adalah monster empat silinder dengan kapasitas 1000cc, yang menghasilkan daya 205bhp dan torsi 115.5Nm. Motor ini menawarkan desain polos dengan airbox didesain ulang dan mendapat knalpot ganda dengan katup buang elektronik, tweaker timing camshaft kontrol dengan traksi 8 tingkat, sistem anti-wheelie, dan anti slip.

Brutale 1000 Serie Oro [ultimatemotorcycling.com]
Produsen Italia lainnya, Ducati, tak tanggung-tanggung. Mereka meluncurkan empat model sekaligus: Panigale V4S, Hypermotard 950, Diavel, dan Diavel S.
Panigale V4S adalah supersport yang didukung mesin empat silinder dengan kapasitas 1.103cc. Mampu menghasilkan 211 hp dan torsi 126Nm. Selain itu, motor ini memiliki rasio power-to-weight emas 1,1: 1.
Bekerja sama dengan divisi balap mereka, Ducati Corse, yang juga berkompetisi di MotoGP, Panigale V4 memang dikembangkan untuk menggantikan superbike kelas atas Ducati lainnya, 1299. Tak heran bila Panigale V4 juga akan disertai dengan Panigale V4 Speciale, edisi terbatas dengan knalpot titanium dan livery khusus.
Ducati Panigale V4 Speciale [cyclingwolrd]

Adapun Hypermotard adalah off-roader Ducati  yang menggunakan slick. Hypermotard 950 berhasil mencapai 939 cc dan hadir dengan lebih banyak tenaga, torsi, jaringan elektronik, serta penampilan yang lebih tajam. Penggeraknya adalah motor kembar Testkeretta 937cc yang menghasilkan daya 112 hp dan torsi 95Nm. Garis Hypermotard yang  dikenal memiliki aksesibilitas torsi rahang tinggi, bahkan pada rentang rpm rendah, masih dipertahankan. Sementara, posisi berkendara mendapat revisi: Stang yang lebih lebar dan jok model baru.
Hypermotard 950 [ultimatemotorcycling.com]

Diavel dan Diavel S, motor touring Ducati, didukung mesin Testastretta 1262 dengan waktu variabel desmodromic (DVT). Menghasilkan daya 159hp dan torsi 129Nm. Diavel mengalami  sentuhan baru pada dudukan mesin dan sasis. Dengan teralis baja turbular, Ducati mengklaim penyempurnaan ini menghasilkan penanganan yang lebih baik, sudut miring yang lebih curam dan lebih nyaman. Sementara Diavel S mengadopsi suspensi depan dan belakang Ohlins, sistem pengereman performa tinggi, dan DQS yang memungkinkan pemindahan tanpa cengkeraman.
Dari Jerman, pabrik motor asal Bavaria, BMW Motorrad, menarik selimut penutup BMW F 850 ​​GS Adventure -- varian off-road F-850 GS yang diluncurkan awal tahun ini dan akan menggantikan BMW 800 GS Adventure. Voila!
Memiliki mesin dan kinerja yang sama dengan varian lain F-850 GS, inline 2 silinder dengan kapasitas 852cc, Sang Petualang menghasilkan daya 85hp dan torsi 92Nm. Pokoknya, segala sesuatunya sama. Kecuali, lampu dan kaca penahan angin yang lebih besar, desain pelat bash yang didesain ulang, plus palang-palang keselamatan. Semua itu membuat Sang Petualang lebih berat 15 kilogram dibandingkan pendahulunya.
Hal lainnya: Tangki bahan bakar. Ukurannya lebih besar dibandingkan tangki milik saudara-saudaranya -- dapat menampung 23 liter bahan bakar, cukup untuk menjelajah sejauh 550 km tanpa harus diganggu urusan kehabisan bensin. Penempatannya pun agak berbeda -- ditempatkan di antara kursi dan kepala kemudi sehingga meningkatkan pusat gravitasi.
Selain trim dasar, F850 GS juga hadir dalam varian gaya Eksklusif dan Rallye.
 F 850 ​​GS Adventure [fxpress.com]


Sementara itu, persembahan terbesar Triumph meluncurkan edisi Bonneville T120 Diamond, menandai 60 tahun varian legendaris ini.  Memiliki fitur dasar yang sama dengan Bonneville T120 biasa, mesin paralel silinder kembar 1200cc yang menghasilkan 78,9 hp dan torsi 105Nm, plus transmisi enam kecepatan; Bonneville T120 Diamond hanya akan diproduksi 900 unit.
Dan untuk menegaskan edisi terbatas itu, penampilan Bonneville T120 Diamond pun didongkrak jadi lebih keren — skema warna putih dengan grafik Union Flag dan lencana Triumph di tangki bahan bakar.
Bonneville T120 Diamond [evoindia.com]

Dari Asia, Royal Enfield, produsen Inggris yang berbasis di Chennai, India, memamerkan bobber KX Concept — reinkarnasi modern dari versi 1938.
Mempertahankan desain dasar model 1938,  penampilan motor ini penuh sentuhan modern dan unik sekaligus menampilkan desain bobber yang  khas. Bagian depan dilengkapi lampu depan LED. Ujung depan garpu girder depan mirip dengan yang ditemukan pada KX 1140 asli. Juga, masih di bagian depan, terlihat cakram ganda pada roda depan besar dan setang datar. Tangki bahan bakar yang diukir memiliki logo RE yang bergaya.
Royal Enfield KX Concept ini hanya memiliki satu kursi dalam mode bobber yang original, dengan pengaturan suspensi monoshock di bagian belakang dan swingarm satu sisi. Roda belakang terhenti oleh rem cakram tunggal di bagian belakang. Kedua roda itu tampak seperti unit paduan dan motornya dicat dengan cat hijau yang keren. Pengaturan knalpot ganda juga menjanjikan pengaturan suara yang agak serak, khas knalpot kembar.
Soal mesin, V-Twin 838 cc dan merupakan V-Twin pertama yang diproduksi oleh Royal Enfield India. Angka performa mesin V-twin 838 cc belum dirilis tetapi dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan.
Kalkulasi grapevine menunjukkan, itu akan menghasilkan sekitar 90 PS. Lebih dari cukup untuk sepeda motor dengan kapasitas seperti itu. Mesin yang digunakan dalam konsep ini dikembangkan sebagai bagian dari kemitraan Eicher Motors dengan Polaris Industries yang merupakan perusahaan induk Indian Motorcycles.
KX Concept [eicma2018] 

Sementara Yamaha menyodorkan Tenere 700, sepeda motor dual-sport yang dapat digunakan di atas aspal maupun offroad. Didukung  mesin kembar-paralel CP2, dengan kapasitas 689cc, dipinjam langsung dari Yamaha MT-07 dan XSR700, mampu mengeluarkan output 72 bhp dan torsi puncak 68 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi enam kecepatan.
Tenere 700 [yamaha.co]

Tenere 700 memiliki tangki bahan bakar 16 liter dengan jangkauan 350 km. Motor ini juga memiliki garpu stabil dengan rentang 43 mm sampai 210mm, dengan tipe tautan untuk bagian belakang.

Emille BC. Gupta (Milan)

No comments