TERBARU

2018, DKI Bangun 7 Taman Maju Bersama

Gubernur Anies Baswedan bercengkrama dengan warga di Taman Surapati, Jakarta Pusat. [pemdadki]

Sepanjang 2018 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membangun tujuh buah taman. Bernama Taman Maju Bersama, total anggarannya menghabiskan Rp 10 miliar yang berasal  dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2018.

Demikian disampaikan keterangan pers Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, yang disiarkan hari ini, Selasa, 4 Desember 2018.

Suzi menyebutkan, pembangunan satu taman ditaksir menghabiskan biaya Rp 1-2 miliar, dengan luas masing-masing taman mulai dari 1.000 meter persegi. Fasilitas yang disediakan di taman tersebut bervariasi dan disesuaikan dengan hasil Focus Group Discussion (FGD) masyarakat sekitar. Seperti taman baca, gazebo, dan sarana bermain. 

"Taman Maju Bersama merupakan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang telah ada. Pembangunan masing-masing Taman Maju Bersama disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar," ujar Suzi dalam keterangan tertulisnya itu.


Sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), Suzi berharap Taman Maju Bersama dapat menjadi tempat interaksi dan edukasi warga. Selain itu taman itu juga dapat berfungsi sebagai rumah seni dan budaya.

Ketujuh Taman Maju Bersama tersebut dibangun di Kelurahan Kebagusan, Kelurahan Lebak Bulus, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kelurahan Bintaro, Kelurahan Dukuh, Kelurahan Pondok Kelapa, dan Kelurahan Cibubur. 


"Tidak ada kriteria khusus lokasi dalam membangun Taman Maju Bersama. Terpenting tujuan utama dibangunnya taman ini untuk menambah RTH sebagai tempat berinteraksi warga," ujarnya.


Lebih lanjut ia menjelaskan, selain berfungsi ekologis, RTH ini juga memiliki fungsi sosial sebagai ruang publik. Nantinya di taman ini akan dijadikan tempat bermain ramah anak, perpustakaan, berolahraga, dan bersosialisasi.

Rencananya tahun 2019 Pemprov DKI Jakarta akan membangun 50 Taman Maju Bersama dengan perencanaan anggaran sebanyak Rp 130 miliar. Keberadaan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar diharapkan dapat menambah RTH di Jakarta yang selama 15 tahun terakhir ini hanya bertambah satu persen. 


Sebelumnya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan pernah menyebutkan bahwa pihaknya menargetkan pembangunan 210 taman baru di eranya.

No comments