Breaking News

Laptop Terbaik versi Techspot


Lenovo ThinkPad X1 Carbon G6. [lenovo]

Ketika memilih laptop yang tepat, semuanya bermuara pada budget dan rencana menggunakannya. Untuk apa dan bagaimana menggunakannya. Sementara, di luar sana banyak sekali pilihan. Dan itulah masalahnya: Kita kerap bingung mana yang harus kita pilih? 

Untunglah ada media seperti techspot, yang secara profesional memberi penjelasan teknis terhadap berbagai produk industri IT. Dan setiap akhir tahun mereka memilihkan kita mana produk terbaik. Termasuk laptop. 

Untuk laptop, pilihan mereka pun tak hanya satu. Mereka memiliki sedikitnya enam kategori laptop terbaik: Terbaik secara keseluruhan, laptop konvertibel terbaik, terbaik untuk laptop dengan layar 15 inch, terbaik dari segi harga dan kualitas, terbaik untuk gaming, dan terbaik untuk kategori Macbook. 

Selain melakukan penilaian di antara tim techspot sendiri, pemilihan “The Best” ini juga menjadikan para pengguna sebagai juri. Hasil kedua tim penilai itu kemudian dikompilasikan, berupa skore dua digit angka. 

Dan tahun ini, untuk kategori Terbaik Secara Keseluruhan, pilihan jatuh kepada dua laptop: Dell XPS 13 dan Lenovo ThinkPad X1 Carbon. “Banyaknya produk laptop ultraportabel berkualitas tinggi sata ini, mulai dari Dell hingga Asus, Microsoft, Lenovo, Apple, HP, dan banyak lagi, yang semuanya memiliki opsi laptop premium yang fantastis, membuat pemilihan kategori ini paling sulit,” kata Shawn Knight, senior editor, mewakili rekan-rekanya. “Dan sejujurnya, untuk sebagian besar kita tak akan salah pilih dengan banyak model unggulan ini,” tambah Shawn. 

Secara umum, kedua laptop ini memiliki kualitas developer yang solid, layar besar, masa pakai baterai yang lumayan panjang, dan desain industry yang lebih dari sekadar memadai. Di pasaran, harga XPS 13 mulai dari US$ 1.050 untuk model basis i5-8250U, 8GB, 256GB PCIe SSD. Sedangkan ThinkPad X1 Carbon, untuk pengaturan dasar yang sama, berharga lebih mahal. Sekitar $ 1,360. 

Lenovo ThinkPad X1 Carbon adalah pilihan laptop bisnis top-end, yang menawarkan layar IPS 14 inch, konektivitas hebat termasuk dual Thunderbolt 3 port, keyboard yang juga hebat dan penyimpanan NVMe yang cepat. Tidak ada pilihan untuk GPU diskrit, tetapi jika Anda beruntung Anda dapat menangkap salah satu dari banyak penawaran yang ditawarkan Lenovo sepanjang tahun. 

ThinkPad X1 dapat dikonfigurasi dengan sejumlah opsi tampilan termasuk layar sentuh atau Dolby HDR. Webcam-nya kompatibel dengan Windows Hello meskipun ia juga menawarkan sensor sidik jari. Untuk melengkapi fitur bisnisnya, ThinkPad menawarkan akses docking dan dapat dilengkapi dengan konektivitas global LTE-A. Semuanya pada paket 2,49 lb. “Opsi yang tidak buruk,” kata Shawn. 

Sementara, XPS 13 pun ultraportable yang sama mengesankan. Juga siap untuk bisnis, walau ia dibangun terutama dan utama sebagai laptop komputasi. Revisi terbaru dari XPS ini lebih ramping dibandingkan abannya. Sistem pendinginnyaa pun mendapatkan sentuhan baru, sebagaimana keyboard dan touchpad yang kemampuannya ditingkatkan. Ini membuat CPU Core 8-gen yang sama mampu melakukan penyimpanan NVMe lebih cepat. Selain itu, model ini juga menawarkan opsi layar 4K (1080p IPS standard). 

Dell XPS 13. [laptopmag]

Demi meraih kerampingannya, XPS kehilangan dukungan untuk port USB berukuran biasa. Toh, ini menawarkan banyak konektivitas. Meskipun, USB-C dan DisplayPort/Thunderbolt 3 disertakan, juga slot microSD - dan webcam nostril menjadikannya sesuatu banget.

No comments