TERBARU

5 Gangguan Kesehatan karena Kebanyakan Minum Kopi

Merasa cemas dan gangguan pencernaan karena kebanyakan minum kopi? 

Kopi merupakan salah satu sumber kafein yang dipilih untuk menambah semangat dan produktivitas seseorang. Terlebih bila pekerjaan sedang menumpuk, dan kita nyaris tak bisa istirahat. 

Alhasil, kopi seperti sahabat baik di setiap harinya. Namun perhatikan lagi, apakah asupan kopi sudah berlebihan.

Dirangkum Popmama.com, inilah tanda bahwa kita sudah terlalu banyak minum kopi. 

1. Merasa cemas dan gugup

Melansir dari Mayo Clinic, asupan maksimal kafein per hari untuk seseorang dengan kesehatan yang normal adalah 400 mg. Itu setara dengan 4 gelas kopi.

Sedangkan jika berlebihan, maka bisa menimbulkan efek cemas dan gugup. Pada dasarnya, kafein bergungsi untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Saat tubuh tidak bisa menerima lebih banyak lagi, maka kafein bisa memperparah rasa cemas dan berujung tidak bisa tidur meskipun mata sudah sangat lelah. 


2. Jantung terasa berdebar

Kafein juga bisa memicu peningkatan detak jantung. Ini disebabkan karena kafein dalam kopi memicu pelepasan hormon norepinefrin yang menghasilkan efek stimulasi yang mirip dengan adrenalin. 

Jika kopi terlalu banyak dari yang biasa dikonsumsi sehar-hari, maka bisa terjadi fibrilasi atrium atau perubahan irama detak jantung. 

Saat kamu bisa merasa jantung berdetak terlalu cepat dan debarnya teralu berasa, berarti itu salah satu tandanya. Biasanya efek ini dibarengi dengan sakit kepala mirip vertigo dan berujung pingsan. 


3. Merasa kembung dan sebah

Kafein dalam kopi bisa meningkatkan produksi asam pada lambung dan membuat peradangan di lambung. Kafein juga bisa membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah. 

Efeknya, asam lambung bisa naik sampai ke kerongkongan seperti pada penderita asam lambung. Yang dirasakan adalah kembung, sebah, dan sakit di ulu hati. 

Terlebih jika Mama memiliki riwayat penyakit maag, minum kopi terlalu banyak bisa membuat gangguan pada lambung. Pemanis buatan yang ada di dalam kopi bisa memperparah keadaan ini, lho. 


4. Mengalami diare

Asam pada kopi menyebabkan peningkatan produksi pada empedu di tubuh. Kopi membuat kantung empedu melepaskan empedu ke dalam usus. Inilah pemicu kenapa kopi bisa membuat seseorang merasa ingin buang air besar. 

Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa sampai berujung diare. 


5. Merasa sakit kepala 


No comments