TERBARU

Akhirnya, PNL Punya Profesor

Prof Dr Teuku Rihayat ST MT, Profesor Pertama dari Politeknik Negeri Lhokseumawe. [isitmewa]

Setelah menempuh proses ketentuan dan perundang-undangan yang tak mudah, akhirnya Teuku Rihayat berhasil meraih gelar Profesor. 

Kepastian memperoleh jabatan fungsional tertinggi dalam hirarki jabatan dosen ini dipastikan setelah pria Teuku Rihayat menerima salinan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud Ristek RI) Nomor 65201/MPK.A/KP.07.01/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen.

Dalam surat yang ditandatangani Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim pada 20 Oktober 2022 itu disebutkan, Teuku Rihayat per 1 Oktober 2022, lelaki kelahiran Medan, Sumatera Utara, 10 Juli 1969, itu sah bergelar Profesor atau Guru Besar dalam bidang ilmu Pengetahuan Bahan. Angka kredit yang diraihnya sebesar 922. Iapun berhak menambah gelar akademik pada namanya menjadi Prof. Dr. Teuku Rihayat, ST.,MT.

Capaian yang diraih oleh Teuku Rihayat ini tentunya menjadi kabar gembira bagi sivitas akademika Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Sebab, inilah pertama kali mereka memiliki dosen yang meraih pencapaian tersebut. "Kami sangat gembira, bangga, bahwa kami akhirnya melahirkan seorang Profesor," kata Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc, Sabtu, 30 Oktober 2022. "Semoga pencapaian ini bisa menjadi menjadi motivasi buat dosen PNL yang lain,"tambah lelaki yang akrab disapa Didi itu.

Didi juga menegaskan, pada prinsipnya pimpinan PNL terus mendorong karir seseorang terutama dalam hal akademik. Jika sudah cukup syarat dan penilaian pasti didorong untuk segera menyusul fungsional terutama menjadi profesor. “Intinya kami pimpinan tak menghambat terutama dalam hal akademik, malah mendorong setiap dosen yang sudah punya kapasitas dan cukup syarat untuk segera mengurus profesor,” kata Didi. “Sekali lagi, selamat buat Prof. Rihayat, mudah-mudahan ilmunya berguna untuk pengembangan PNL dan masyarakat,” lanjutnya.

Dalam keterangannya kepada media ini, Teuku Rihayat mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, juga pimpinan PNL, terutama direktur. “Terima kasih atas semua dukungan dan doanya kepada semua sivitas akademika, dan pimpinan PNL, terutama Direktur PNL, para wakil direktur, Bapak dan Ibu yang banyak membantu dalam pengurusan jabatan ini, rekan-rekan sejawat dan bapak dan ibu sekalian sehingga saya bisa mendapatkan gelar Profesor ini,” ucap dosen Jurusan Teknik Kimia PNL ini.

Selanjutnya, Teuku Rihayat juga berharap supaya rekan-rekan sejawatnya di PNL bisa segera mengikuti jejaknya untuk menjadi Profesor, supaya nama PNL sebagai kampus vokasi bisa semakin dikenal. “Mudah-mudahan rekan dosen yang lain di PNL bisa termotivasi dengan capaian ini, sehingga nama PNL sebagai kampus vokasi terkemuka di Aceh makin dikenal,” pungkas Rihayat. 

Malin Sulaeman (Lhokseumawe)


No comments