TERBARU

Bunga Rampai Catatan Polisi Pamong Praja



Berisi 12 Tulisan Penulis Indonesia dan Profesor UKL Malasia.

Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Kementerian Dalam Negeri dengan JFT Polisi Pamong Praja Bali, Pemerintah Kabupaten Klungkung, profesor dari Universitas Kuala Lumpur, dan guru SMA Provinsi Jawa Barat tulis buku “Bunga Rampai Catatan Ilmiah Polisi Pamong Praja.” “Ini merupakan kolaborasi dengan teman-teman, berisi tulisan ilmiah tentang pemerintahan, khususnya tentang Satpol PP. Seperti apa kacamata mereka sebagai Pejabat Fungsional tertentu, baik Tingkat Terampil maupun Tingkat Ahli,” kata Rivelino, salah satu penulis buku “Bunga Rampai Catatan Ilmiah Polisi Pamong Praja,” Minggu (16/10/2022)   

Dilanjutkan kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan sekaligus Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Kementerian Dalam Negeri itu, dalam buku “Bunga Rampai Catatan Ilmiah Polisi Pamong Praja” tersebut, terdapat 12 tulisan yang terdiri dari lima karya ilmiah dengan Ilham Sentosa (Profesor Univesitas Kualalumpur) serta 7 tulisan karya ilmiah JFT Pol PP Bali dan Klungkung. 

“Dengan lahirnya buku ini diharapkan bisa merangsang FT Pol PP lainnya di Indonesia untuk dapat mengembangkan profesinya, melalui tulisan-tulisan ilmiah di masa mendatang. Dengan menuangkan hasil pemikirannya, akan membuat kreativitas dan produktivitas para JFT Pol PP akan meningkat dari waktu ke waktu,” sebut Rivelino. 

Secara terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung, I Putu Suarta, S.H., M.M., berharap, melalui penerbitan buku “Bunga Rampai Catatan Ilmiah Pol PP” tersebut, bisa menjadi pemicu bagi JF Pol PP lainnya untuk lebih profesional dan semangat dalam melaksanakan tugas dan mengembangkan kariernya. 

“JF Pol PP Kabupaten Klungkung kami harapkan mampu menghadirkan paradigma baru dalam penegakan Perda, Trantibum, dan ketertiban masyarakat. Lebih dari itu, semakin profesional, beritegritas, santun, sebagai pengayom dan mitra masyakat dalam mewujudkan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum untuk Indonesia maju dan sehat,” tegas I Putu Suarta, S.H., M.M.

Kehadiran dan keberadaan Satpol PP di tengah-tengah masyarakat, jelasnya, dapat memberikan perlindungan untuk masyarakat, memberikan rasa aman, nyaman, tentram di hati dan pikiran masyarakat. Juga, menjadikan Satpol PP dan Satjinmas yang profesional, berintegritas, dan melayani sepenuh hati. “Lebih dari itu, Satpol PP dapat menjadi aparat yang memiliki kemampuan profesional yang baik, berkarakter positif yang senantiasa mengedepankan profesionalisme di dalam menegakkan peraturan dan menjaga ketertiban serta ketentraman umum,” kata I Putu Suarta, S.H., M.M.

Buku “Bunga Rampai Catatan Ilmiah Pol PP” diterbitkan Mahara Publishing, terdiri dari 303 halaman, ditulis oleh Rivelino, Ni Ketut Mustiari, Ilham Sentosa, I Gede Agus Widhi Dharma, Anak Agung Istri Sayang Agung, Ratna Wati, Desak Ayu Putu Suciati, I Ketut Pongres Languange, I Ketut Sumiarta, I Wayan Sumastika, dan Ni Komang Widnyani.

Riga Irawan Toni ( Prov.Aceh )

No comments