TERBARU

Merangkul difabel, Dinsos sampang tunjuk tutor difabel

 Merangkul difabel, Dinsos sampang tunjuk tutor difabel



Sampang||wartapers.com -  Dalam meningkatkan rasa percaya diri penyandang difabel, dinas sosial memulai langkah dengan menunjuk tutor dari difabel yang terdapat di kabupaten sampang. 


Hal itu diungkapkan langsung oleh Kabid Sosial dinsos PPPA Sampang Zainal mustaqin, Rabu 04/10/22022.

Menurutnya, Untuk meningkatkan rasa percaya diri difabel yang ada di kabupaten sampang, tentu perlu  pendekatan secara emosional. " Perlu adanya pendampingan lebih dan pendekatan secara emosional, yaitu dengan menunjuk atau memilih satu tutor dari difabel juga agar tidak merasa canggung, harapannya agar menjadi motivasi lebih untuk difabel yang lain, Ungkapnya pada wartapress.com.


Pemilihan dan pengarahan tutor difabel sudah dilakukan dari sebulan yang lalu, bahkan sudah tersebar di beberapa kecamatan di kabupaten sampang. 

" Saat ini, proses pemilihan dan pengarahan tutor, sudah kita lakukan dari sebulan yang lalu, bahkan saat ini para tutor tersebut sudah tersebar di beberapa kecamatan, yaitu di kecamatan terjun, pangarengan, omben, karang Penang , kedundung dan banyuates." Imbuhnya. 


Mengenai apa saja tugas tutor disabilitas nantinya, juga dijelaskan secara rinci pada saat dijumpai di kediamannya. 

" Kita sudah melakukan pelatihan kepada rekan rekan tutor terkait apa saja yang harus dilakukan nantinya, yaitu membantu menangani disabilitas lainnya dengan memberikan berbagai motivasi, dan sebagainya." Ucapnya

" Kami juga bekerja sama dengan psikiater di kabupaten sampang, untuk memberikan pembekalan ilmu konseling kepada tim tutor, agar nantinya dapat maksimal dalam memberikan motivasi dan membangkitkan rasa percaya diri mereka." Imbuhnya. 


Sebagai bentuk terimakasih, kabid dinsos pppa memberikan uang transportasi kepada para tutor, agar lebih semangat dalam memberikan motivasi kepada difabel lainnya. 

" Kita juga tidak menutup mata, kami sudah anggarkan uang transportasi ke tim tutor, yaitu uang transportasi agar kinerja mereka bagus dan lancar, dalam memberikan motivasi ke difabel lainnya, " Pungkasnya.

 


Moh. Imam Baidowi

No comments