TERBARU

Pesona Waduk Klampis

 Waduk Klampis, salah satu spot wisata yang menjajikan eksotisme dan  instagramable. [istimewa]

Terletak di Desa Kramat, Kecamatan Kedundung, kurang lebih 9 kilometer utara kota Sampang arah ke Ketapang, waduk ini bisa dicapai sepeda motor dengan nyaman. Jalannya beraspal mulus. Pepohonan di kiri-kanan membuat udara panas tak terasa. 

Selain berfungsi sebagai irigasi, mengairi sawah di empat kecamatan sekitarnya -- Kedungdung, Torjun, Jrengik, dan Sampang -- waduk ini juga dikenal sebagai salah satu sentra budidaya ikan air tawar. Khususnya untuk jenis ikan mas, mujair, gurami, udang, dan lainnya.

Di atas semua itu, Waduk Klampis juga banyak dimanfaatkan warga di Kabupaten Sampang sebagai sarana berwisata. 

Pada hari besar agama dan liburan sekolah, banyak warga yang bertandang ke sini. Dengan kondisi alam yang masih alami, kawasan ini memang layak sebagai tempat wisata. Terutama di saat musim penghujan, ketika debit air waduk tengah mencapai puncaknya. Air yang deras mengalir dan pemandangan eksotis para petani yang tengah mengolah sawah menjadi santapan rohani yang menyejukkan. 

Ocit, fotografer asal Sampang, merasa sangat senang saat memotret kliennya karena di  Sampang banyak spot foto yang masih alami. "Ini tentunya perlu dikelola pemerintah setempat," kata Ocit. "Dari segi tempat dan spot foto, banyak  yang bisa menarik wisatawan lokal maupun luar kota," tandas dia.

Herman Suramadu (Sampang)


No comments