TERBARU

Pelajaran dari KTT G20 Bali


Anies Baswedan, Co-Chair C-40 (jaringan walikota dari hampir 100 kota terkemuka dunia) dan Gubernur Jakarta dari 2017 hingga 2022.

G20 di Bali merupakan episode global yang penting. Di tengah awan peperangan, perlambatan ekonomi ke depan, dan kesengsaraan yang tak henti-hentinya di seluruh dunia, para pemimpin yang bersidang di Bali telah menunjukkan kesediaan mereka untuk mengatasi banyak masalah di meja mereka yang terhormat.

Presiden Joko Widodo sebagai ketua G20 tahun 2022 berhasil menanamkan aura optimisme di kalangan para pemimpin dunia dengan tagline “Recover Together, Recover Stronger" -- “Pulihkan Bersama, Sembuh Lebih Kuat”.

Terbukti di Bali, yang masyarakatnya sangat terpukul oleh pandemi, namun mereka pantang menyerah. Dengan ketangguhan yang luar biasa, mereka menyebarkan getaran perasaan yang baik ke seluruh dunia. Kita tidak baik-baik saja, tapi kita bergerak maju dan terus berjuang.

Kita baru saja keluar dari — atau setidaknya sekarang hampir melihat akhir — pandemi Covid-19 dengan banyak hikmah. Sementara semuanya usai, kita harus bergerak dan menerapkan pendekatan baru dalam mengembangkan dan melestarikan planet ini.

Intervensi segera diperlukan di beberapa daerah dengan inflasi tinggi, kata Presiden Jokowi

Kita memang memiliki goresan dari bencana dua tahun yang panjang tetapi harus tetap melanjutkan yang kita bisa. Tantangan besar dalam mengelola pandemi telah membebani banyak pemerintah.

Ya, kami lulus dengan baik dalam ujian itu. Federico Coccolini, Enrico Cicuttin, dan Camilla Cremonini (2021) menyarankan 10 pelajaran dari pandemi dalam World Journal of Emergency Surgery yang bergengsi. Dua pelajaran itu adalah "mempertahankan integritas sains" dan "menghapuskan retorika dan mematuhi kebenaran".

Kedua prinsip ini sangat dijunjung tinggi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengarungi pandemi. Kelangsungan hidup umat manusia dalam pandemi sangat bergantung pada pendekatan ilmiah.

Vaksinasi dan penegakan protokol kesehatan di masyarakat menjadi langkah krusial. Dalam dikotomi kesehatan versus ekonomi, kami belajar bahwa nyawa manusia itu berharga, bahkan lebih berharga daripada pertumbuhan ekonomi.

Dalam dikotomi retorika versus kebenaran, kami percaya bahwa orang berhak mendapatkan kebenaran dari pihak berwenang. 

Politik terkadang membuat pemerintah dan kebijakan publik terlihat konyol atas nama dukungan rakyat, namun politisi harus mengetahui tanggung jawab moral dan etika yang melekat pada kekuasaan mereka.

Komunitas global harus siap menghadapi situasi pandemi berikutnya. Semua pemerintah memahami risiko menjadi cuek ketika pandemi menyerang.

Kita harus tetap waspada dan tidak mengambil risiko dalam menangani korban besar. G20 telah memprakarsai Dana Pandemi (The Pandemic Fund) untuk memberdayakan kapasitas fiskal banyak pemerintah dalam menghadapi pandemi di masa depan.

Dana Pandemi dimaksudkan untuk memperkuat kapasitas negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah untuk memitigasi risiko ancaman kesehatan global di masa depan.

Dana tersebut menyediakan aliran khusus pembiayaan jangka panjang untuk PPR (prevention, preparedness, and response/pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons) dan mengatasi kesenjangan kritis melalui investasi dan dukungan teknis di tingkat nasional, regional, dan global.

Ini mungkin hasil paling nyata dari pertemuan tingkat tinggi tersebut, meski ada yang mengatakan itu tidak cukup. Pemerintah harus melihat pandemi dari perspektif kesehatan masyarakat.

Artinya, semua negara harus menerapkan sistem universal health coverage (UHC). Namun, hal ini harus didahului dengan pola pikir preventif di kalangan masyarakat dalam bidang kesehatan.

Dengan demikian, kami melihat bahwa rumah sakit dan klinik kesehatan juga untuk orang sehat. Masyarakat datang ke fasilitas kesehatan untuk vaksinasi, medical check up, konsultasi gizi, dan konsultasi kesehatan jiwa. Dengan cara ini, pemerintah dapat mengalokasikan dana publik secara lebih efisien dan bertanggung jawab.

Isu strategis lain dalam G20 yang muncul dari acara tersebut adalah perubahan iklim. Ada baiknya isu tersebut dibahas sebagai side event B-20 di kalangan pebisnis kelas dunia. 

Kami mendorong pemerintah untuk mengambil langkah berani dalam mengurangi emisi karbon. Implementasi kebijakan publik yang cepat dan tepat dimungkinkan dalam isu perubahan iklim.

Jakarta bisa menjadi pelajaran yang baik, karena kota ini telah mampu mengurangi emisi karbon lebih cepat dari rencana awal pemerintah melalui pergeseran kebijakan dari pembangunan berorientasi mobil (car oriented development) menjadi pembangunan berorientasi transit (transit oriented development).

Kami mendidik warga untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda dan memanfaatkan kendaraan berbahan bakar non-fosil. Sejak itu, jumlah penumpang angkutan umum melonjak hingga lebih dari satu juta per hari.

Kami memakai lebih banyak bus listrik untuk mengurangi polusi udara di kota. Januari 2022, Kelly Sims Gallagher menulis di Foreign Affairs bahwa sejak awal Revolusi Industri, negara-negara telah melepaskan satu setengah triliun metrik ton karbon dioksida ke atmosfer.

Emisi kumulatif terbesar berasal dari Amerika Serikat, negara-negara Eropa, China, dan Rusia. Beberapa negara ini adalah anggota G20. Karena itu, dunia perlu melihat komitmen mereka dalam menyelesaikan masalah perubahan iklim.

Pelajaran ada untuk dipelajari. Mungkin G20 adalah negara yang paling mampu di planet ini untuk membuat kebijaksanaan dan mengatasi masalah tingkat global. India sebagai presidensi G20 berikutnya akan mengambil alih kepemimpinan untuk menangani potensi serangan pandemi dan dampak perubahan iklim yang parah.

Sementara tantangan semakin dekat, misi G20 untuk menyelamatkan umat manusia tidak boleh luntur. Meski klub ini tentang ekonomi, anggota G20 harus sadar bahwa ekonomi tidak bisa tumbuh dalam ruang hampa.

Ekonomi tumbuh dalam ruang yang penuh dengan tantangan dan peluang yang kompleks. G20 harus mempertahankan arah peningkatan kesejahteraan, pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan, penyediaan layanan kesehatan, dan mengutak-atik kebijakan publik terbaik untuk menenangkan keterpurukan ekonomi.

Dari Indonesia hingga India, kita berharap G20 mampu menciptakan terobosan-terobosan secara kolaboratif dan memimpin kemajuan.


Catatan: Kolom ini merupakan terjemahan dari "G20 must continue efforts to calm economic downturn", New Strait Times, 30 November 2022. Dimuat ulang atas persetujuan staf penulisnya.


No comments