TERBARU

Hmmmmm...

sumber: YouTube


Hanya Keenan Nasution yang bisa menjelaskan mengapa ada bunyi "Hmmm..." di awal lagu Nuansa Bening. Mengapa tidak "Ooo..." sebagaimana lazimnya di banyak lagu. Pertanyaan ini tentulah harus dijelaskan dengan tenang, agar kebingungan netizen tidak berlangsung lama.

Polemik "Hmmm..."mulai merebak ke angkasa maya setelah lagu Nuansa Bening versi Ahmad Dhani berada di posisi FYP di TikTok dan meledak di Instagram. Awal mulanya, lagu itu berasal dari penampilan livenya Ahmad Dhani bersama Vidi Aldiano di acara Masterpiece RCTI tahun 2013 lalu. Tidak ada sambutan sebesar sekarang, karena pada saat itu, media sosial belumlah sepadat sekarang.
Awalnya, publik musik Indonesia yang lebih muda, mengenal lagu Nuansa Bening melalui Vidi Aldiano yang merilis ulang lagu itu dengan nuansa pop yang kental, terutama dengan permainan vokal menusuk romantis karena ada variabel getaran pita suara. Ditambah, pada fase intro, ada penyanyi hip hop yang mengantarkan Vidi untuk memulai lagu Nuansa Bening.
Berbeda dengan Dhani yang memulai lagu tersebut dengan bunyi, "Hmmmm...," Vidi lebih memilih bunyi, "Ooo.." Pilihan Vidi itu juga sepertinya harus dijelaskan karena bunyi "Hmmm..."merupakan versi orisinal dari lagu Nuanasa Bening yang dinyanyikan oleh Keenan Nasution.
Awalnya, Nuansa Bening dirilis pada tahun 1978. Suara vokal Keenan -- yang menurut saya sealiran dengan bentuk vokal Chrisye -- membuat lagu itu sangat romantik sehingga tidak salah, tiga dekade berikutnya, tepatnya setahun setelah Vidi Aldiano mengkover lagu itu, Keenan merekam ulang.
"Hmmm..." pada Keenan tidak sekuat Dhani. Keenan Nasution hanya memberi penanda saja. Seperti jeda untuk menarik nafas. Mungkin, daripada tidak ada suara apa pun, kecuali musik intro, Keenan menambah bunyi "Hmmm..." itu.
Hal yang membuat menarik lainnya adalah banyak lagu yang memilih meletakkan suara dari huruf vokal, baik untuk memberi efek sebelum memasuki interlude, seperti yang sering berada pada lagu rock tahun sembilan puluhan. Sebagai contoh, pada lagu Voodo, "Sampaikan Salamku untuk Dia." Lagu lain juga menyertakan bunyi "Ooo..." bukan "Hmmm...," seperti pada bagian reff lagu, "Menikah," dari Java Jive.
Tetapi tidak untuk Nuansa Bening. Lalu, efek "Hmmm..."terdengar lebih sakral ketika dibawakan oleh Ahmad Dhani. Kalau sebelumnya Keenan memperdengarkan "Hmmm..."dengan lamat dan lembut, Dhani seperti menjadi bagian "Hmmm..." sebagai dentuman awal untuk mengikat pendengar agar sampai di akhir lagu.
Dhani memang berhasil melakukan itu. "Hmmm..." di tangan Ahmad Dhani telah membius kita semua. Terkadang, tanpa sadar, ketika kita bergumam dengan membunyikan "Hmmm..." langsung ada yang menyambung, "Tiada yang hebat dan mempesona..."

BA
SUMBER: Alkaf (Bung Alkaf)

No comments