TERBARU

Taman Mini Siapkan Lahan untuk Tiga DOB

Taman Mini Indonesia Indah dari udara. [istimewa]

Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah siapkan lahan untuk anjungan Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah. Ketiga provinsi baru itu baru saja diresmikan pada Jumat pekan lalu. 

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono mengatakan, sebagai pengelola Taman Mini mereka telah menyiapkan lahan meski belum ada permintaan dari 3 provinsi baru di Papua itu. 

Edy mengatakan ada dua konsep anjungan bagi Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah, yaitu anjungan dibagi 3 dan dikelola masing-masing provinsi atau digabung dalam satu lahan. "Toh kulturnya hampir sama," kata Edy di Jakarta, Rabu 16 November 2022.

Pembangunan anjungan daerah bagi 3 provinsi baru itu masih menunggu permintaan dari pemerintah daerah. Meski belum diminta,  TWC sudah menyiapkan segala kebutuhan pembangunan anjungan daerah untuk Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.

Tiga daerah otonom baru (DOB) provinsi di Papua iu diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 11 November 2022. Provinsi Papua Selatan diresmikan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022. Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2022, dan Papua Pegunungan dengan UU Nomor 16 Tahun 2022.

Di bawah pengelolaan PT TWC, Taman Mini telah merampungkan proses revitalisasi yang dimulai Januari 2022. Revitalisasi objek wisata itu meliputi: penataan area gedung utama, renovasi joglo Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno, hingga renovasi museum.

Taman Mini juga melakukan penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan lanskap pulau-pulau di danau Archipelago hingga pedestrian anjungan, amphitheater atau panggung terbuka, dan promenade atau tempat untuk jalan-jalan, serta renovasi eks Teater Garuda.

Eks Museum Telkom dan Keong Emas juga tak luput dari revitalisasi TMII, termasuk lanskap pedestrian anjungan, menara pandang, pusat komunitas, dan gedung parkir. 

SUMBER: tempo

No comments