TERBARU

Temu Lapang Kelompok Tani, ini harapan Gubernur SulSel Andi Sudirman Sulaiman



Reksanews, Selayar - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melakukan temu lapang dengan kelompok tani, bertempat di Desa Tamalanrea, Kecamatan Bontomatene, Kepulauan Selayar, Kamis (24/11). 

Kegiatan ini juga dirangkaikan penyerahan secara simbolis bantuan 3 komoditi pertanian dari Pemerintah Provinsi Sulsel. Adapun 3 komoditi tersebut adalah Jeruk keprok, Pala dan Padi.

Terpantau, kegiatan temu lapang dengan Tokoh Tani ini dipandu langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, S.H. 

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam penyampaiannya menegaskan komitmennya untuk mengembalikan kejayaan jeruk keprok Selayar, dengan menganggarkan pengadaan bibit melalui APBD Provinsi Sulawesi Selatan.

"Ini ada bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulsel. Saya sudah melihat juga bantuan bibit tahun 2019 untuk Selayar. Dan semalam kami juga sudah menanam bibit jeruk yang ke 100 ribu pohon di halaman Mesjid Agung Al Umaraini Benteng", ucap Andi Sudirman. 

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman juga melakukan dialog dengan beberapa perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), diantaranya Gapoktan Desa Tamalanrea, Desa Kayu Bauk, Desa Onto, Desa Maharayya, dan Desa Mare-Mare. 

Dari perwakilan Gapoktan, rata-rata mengaku sangat terkendala saat musim kemarau tiba, karena kesulitan air untuk menyiram bibit yang mereka tanam. Karenanya, mereka meminta kepada Gubernur Sulsel untuk diberikan bantuan pengadaan sumur bor dan pipa irigasi untuk lahan-lahan pertanian.

Mendengar hal itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berjanji akan merealisasikan permintaan tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2023 pengadaan bibit jeruk keprok Selayar kembali akan dianggarkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sulsel Fraksi Partai Nasdem Ady Ansar, Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif, Anggota DPRD Kepulauan Selayar Fraksi PAN Ali Yathas, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Kepulauan Selayar, Camat dan Kepala Desa se Kecamatan Bontomatene, para Penyuluh Pertanian, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Tani. (Afd).

No comments